Syarat & Ketentuan


Selamat datang di SabilaMall.co.id

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. SabilaMall Niaga Digital terkait penggunaan situs SabilaMall.co.id dan aplikasi SabilaMall. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs SabilaMall.co.id dan aplikasi SabilaMall, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT.SabilaMall Niaga Digital. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di SabilaMall.co.id dan aplikasi SabilaMall.

A. Definisi

  1. PT SabilaMall Niaga Digital adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.sabilamall.coid, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut SabilaMall.
  2. Situs SabilaMall adalah www.sabilamall.co.id.
  3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan SabilaMall yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan SabilaMall, serta tata cara penggunaan sistem layanan SabilaMall.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan SabilaMall, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs SabilaMall.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs SabilaMall.
  6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs SabilaMall.
  7. Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.

B. Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh SabilaMall. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian SabilaMall akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem SabilaMall telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
    • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs SabilaMall tergantung pada monitor komputer Pembeli. SabilaMall telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs SabilaMall muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs SabilaMall akan akurat.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi SabilaMall dan/atau tanpa sepengetahuan SabilaMall (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs SabilaMall atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  5. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, SabilaMall memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  6. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh SabilaMall.
  7. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain SabilaMall. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
  8. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  9. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi SabilaMall adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  10. Pengembalian dana dari SabilaMall kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
    • Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
    • Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
    • Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
    • Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak SabilaMall.
  11. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Deposit milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  12. SabilaMall berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan SabilaMall adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  13. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. SabilaMall tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  14. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

C. Transaksi Penjualan

  1. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
  2. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka SabilaMall berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  3. Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan SabilaMall, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan SabilaMall.
  4. Penjual wajib memproses pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 3 hari terhitung sejak adanya notifikasi pembayaran Barang dari SabilaMall. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  5. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa SabilaMall berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  6. Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:
    • Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
    • Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan SabilaMall; dan/atau
    • Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
  7. Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pembayaran Barang dari SabilaMall.
  8. Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh SabilaMall kepada Penjual.
  9. Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin C. 7 dan C. 8 pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
  10. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.
  11. SabilaMall berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs SabilaMall; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs SabilaMall; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Penjual lainnya (internal dropshipper)
  12. Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh Pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  13. SabilaMall berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan SabilaMall adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  14. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
  15. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

D. Harga

  1. Harga Barang yang terdapat dalam situs SabilaMall adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. 
  2. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
  3. Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs SabilaMall. SabilaMall berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari SabilaMall atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
  4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs SabilaMall dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  5. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.
  6. Dengan melakukan pemesanan melalui SabilaMall, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran.
  7. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  8. Situs SabilaMall untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.

E. Tarif Pengiriman

  1. Pembeli memahami dan mengerti bahwa SabilaMall telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun SabilaMall tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab SabilaMall, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.
  3. Tarif pengiriman yang ditampilkan pada saat proses pemesanan bersifat final. Jika pengguna meneruskan pemesanan dengan nilai tarif pengiriman sebagaimana ditampilkan, maka dapat diartikan bahwa pengguna setuju dengan tarif pengiriman tersebut. Dengan demikian jika terjadi selisih antara tarif pengiriman pada saat pemesanan dengan tarif pengiriman yang sebenarnya, maka kelebihan tarif pengiriman tidak akan dikembalikan kepada pengguna demikian pula kekurangan tarif pengiriman tidak akan ditagihkan kepada pengguna.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab SabilaMall, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.

F. Pengembalian Barang

  1. Barang yang dibeli melalui SabilaMall dapat diretur jika memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:
    • Spesifikasi barang tidak sesuai dengan deskripsi yang ditulis di website/aplikasi.
    • Jumlah barang diterima tidak sesuai / kurang dari jumlah yang dipesan.
    • Barang yang diterima mengalami kerusakan/cacat.
  2. Komplain karena kerusakan/cacat barang wajib disertai dengan foto/video barang bersama hang tag (banderol).
  3. Komplain karena kurang barang wajib disertai dengan foto/video barang bersama packing.
  4. Komplain permintaan retur/penggantian barang/pengiriman kurang barang dilakukan paling lambat 1x24 jam sejak barang diterima dengan mengacu pada data tanggal dan jam diterimanya barang dari pihak ekspedisi.